Rumput Raja (King Grass)

Klasifikasi

Divisi                       : Angiospermae
Klass                        : Monocotyledoneae
Ordo                         : Graminales                                    
Family                      : Graminaceae    
Genus                       : King           
Spesies                     : King gras           


           Rumput raja adalah jenis rumput baru yang belum banyak dikenal, yang merupakan hasil persilangan antara pennisetum purpereum (rumput gajah) dengan pennisetum tydoides, rumput ini mudah ditanam, dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi, menyukai tanah subur dan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Produksi rumput ini jauh lebih tinggi dibandingkan rumput lainnya.

Ciri-Ciri
 
Rumput raja mempunyai karakteristik tumbuh tegak berumpun-rumpun, ketinggian dapat mencapai kurang lebih 4 m, batang tebal dan keras, daun lebar agak tegak, dan ada bulu agak panjang pada daun helaian dekat liguna. Permukaan daun luas dan tidak berbunga kecuali jika di tanam di daerah yang dingin. Rumput raja dapat di tanam di daeah yang subur di dataran rendah sampai dataran tinggi, dengan curah hujan tahunan lebih dari 1.000 mm.
Produksi hijauan rumput raja dua kali lipat dari produksi rumput gajah, yaitu dapat mencapai 40 ton rumput segar/hektar sekali panen atau setara 200-250 ton rumput segar/hektar/tahun. Mutu hijauan rumput raja lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput gajah Hawai ataupun rumput Afrika.

Author

Saya adalah seorang Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Peternakan di Kota Jambi, tujuan saya membuat blog ini hanyalah sebagai tempat berbagi dari pengalaman atau pengetahuan saya sendiri kepada seluruh kalangan, dengan harapan blog ini berguna bagi semua orang dan tidak terlepas juga harapan saya kepada para agan yang sudah lebih mahir untuk bersedia membagi-bagi ilmunya disini. .

1 comment: