Hijauan Makanan Ternak (HMT) : Rumput VS Legum



Rumput dan Legum merupakan HMT yang dapat diberi secara langsung kepada ternak ataupun dapat di biarkan ternak itu merumput sendiri. Tentu saja HMT ini ditujukan bagi ternak Ruminansia Besar dan Ruminansia Kecil (Sapi, Kambing, Kerbau, Domba) yang dimana ternak ini memiliki 4 lambung, berbeda dengan manusia yang hanya memiliki 1 lambung, lambung Ruminansia ini sendiri terdiri dari Rumen (Tempat pakan dicerna yang dibantu oleh mikroorganisme didalamnya), Retikulum, Omasum dan Abomasum.

Menurut dari yang saya pelajari dari perkuliahan, rumput dan legum memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

RUMPUT
-sumber serat
-kualitas nutrisi rendah
-produksi biomassa tinggi
-berakar serabut
-bunga tidak bermahkota
-daun panjang
-monokotil
-batang lunak
-daun tumbuh disetiap buku

LEGUM
-sumber protein
-kualitas nutrisi tinggi
produksi biomassa rendah
-berakar tunggal
-bunga bermahkota 
-daun lebar
-dikotil
-batang keras
-daun tumbuh pada percabangan batang

Berdasarkan ciri-ciri diatas, sudah dapat disimpulkan bahwa Legum pada umumnya memiliki keunggulan dibanding dengan rumput, namun Legum sendiri sangat sensitif terhadap kekurangan unsur hara tanah dibanding dengan rumput. Selain itu dibalik tingginya nutrisi yang dimiliki Legum tetap HARUS dibatasi karena mengandung Toxic dan zat antinutrisi yang banyak terdapat pada legum.

Sebenarnya masalah kebutuhan protein pada pakan ternak khususnya Ruminansia dapat dihasilkan sendiri oleh Mikroorganisme yang mati didalam rumen ataupun tidak sengaja terserap ke Lambung selanjutnya atau Retikulum. Hal ini jugalah yang menyebabkan kurang efisiennya pemberian Konsentrat (Pakan tambahan tinggi protein) pada Ruminansia karena yang akan mengambil nutrisi dari Konsentrat tsb juga mikroorganismenya, bukan ternaknya.

Author

Saya adalah seorang Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Peternakan di Kota Jambi, tujuan saya membuat blog ini hanyalah sebagai tempat berbagi dari pengalaman atau pengetahuan saya sendiri kepada seluruh kalangan, dengan harapan blog ini berguna bagi semua orang dan tidak terlepas juga harapan saya kepada para agan yang sudah lebih mahir untuk bersedia membagi-bagi ilmunya disini. .

5 comments: