Hubungan Kimia dengan Peternakan

Hubungan Kimia dengan Peternakan

Peternakan adalah usaha manusia unntuk mengembang biakan dan memelihara jenis-jenis hewan tertentu, guna mendapatkan keuntungan sosial eknomi seperti daging, susu, telur, tenaga dan pupuk tanpa merusak lingkungan. Peternakan juga terkadang dipandang bau dan kotor yang disebabkan oleh feses ternak itu sendiri. Pada hal limbah tersebut bisa diolah menjadi hal yang berguna bahkan menguntungkan bila dijadikan usaha.
 
Dalam usaha peternakan khususnya peternakan sapi lingkunganannya hendaknya harus diperhatikan seperti pakan, kesehatan dan pengolahan limbahnya. Apabila pakan tercukupi dan berserat baik maka pertumbuhannya akan lancar. Begitu pula kesehatan, bila ternak sehat maka nafsu makannya takkan terganggu sehingga proses pertumbuhan menigkat. Limbah kandang terutama feses dan urin merupakan masalah yang paling penting karena merupakaan sumber pencemaran lingkungan yang dominan diareal peternakan sapi. Dalam upaya sanitasi kandang, sistem pembangunan kotoran ternak memerlukan konstruksi khusus supaya kotoran tersebut dapat dikelola dengan baik dan tepat sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pupuk organik.
 
Berdasarkan hal tersebut, maka perlu penerapan teknologi tepat guna. Jadi hubungan antara peternakan dengan kimia adalah Masalah pakan: bila mengetahui kandungan apa saja pada jenis pakan tersebut maka hasil produksi ternak akan bagus serta pertumbuhannya sangat baik. Kesehatan : apabila hewan ternak mengalami sakit atau stress dengan mempelajari dan memahami ilmu kimia maka peternak bisa meracik ramuan untuk penyembuhan hewan tersebut. Mengolah pupuk juga demikian, dengan pencampuran EM-4 hasil pengomposan akan lebih cepat, warna kecoklatan dan tidak berbau menyengat, tidak lengket di tangan dengan kandungan zat haranya adalah Nitrogen (N) 1,72%, karbon (C) 5.52%, fosfor (P2O5) 2,21%, kalium (K) 1,62% dan C/N 3,2%.

Author

Saya adalah seorang Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Peternakan di Kota Jambi, tujuan saya membuat blog ini hanyalah sebagai tempat berbagi dari pengalaman atau pengetahuan saya sendiri kepada seluruh kalangan, dengan harapan blog ini berguna bagi semua orang dan tidak terlepas juga harapan saya kepada para agan yang sudah lebih mahir untuk bersedia membagi-bagi ilmunya disini. .

1 comment:

  1. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete